Logo

Logo

Rabu, 16 Mei 2012

PLN Lampung Gelar GLB Periode II

BANDARLAMPUNG – PT PLN (Persero) Wilayah Lampung sukses menurunkan tingkat tunggakan pembayaran rekening listrik prabayar. Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan, PT PLN Wilayah Lampung kembali menggelar program gelegar listrik berhadiah (GLB) periode II-2012. Program yang mengajak pelanggan PLN di Lampung agar membayar tagihan rekening listrik tepat waktu ini menyediakan berbagai hadiah menarik.
Manajer Niaga PT PLN Lampung Ir. Rahimuddin mengatakan, kebiasaan pelanggan PLN Lampung lebih banyak yang membayar tagihan rekening listrik di akhir-akhir batas waktu atau banyak juga yang membayar melebihi waktu yang ditentukan. ’’Bagi pelanggan yang telah melunasi rekening listrik antara tanggal 1–10 setiap bulan akan langsung mendapatkan satu poin,’’ jelasnya.

Dengan program ini, kami mengharapkan pelanggan dapat membayar tepat waktu dan pelanggan pun tak perlu ditagih. Pasalnya, untuk melakukan penagihan tentu akan menambah biaya operasional. ’’Kami telah memberikan hak kepada pelanggan dan kini giliran pelanggan yang melaksanakan kewajibannya dengan membayar tepat waktu agar pelanggan tidak diputus aliran listriknya,’’ ujar Rahimuddin kemarin.

Kondisi penjualan rekening prabayar listrik merupakan satu-satunya penghasilan PLN untuk biaya operasional baik pembangkit, jaringan dan biaya lainnya. Jika pelanggan tidak membayar listrik atau menunggak, tentu kondisi ini akan menghambat likuiditas PLN. Sehingga, proses pelayanan listrik di seluruh Lampung bakal terganggu.

Berdasarkan data yang dimiliki PLN, sebanyak 20 persen dari keseluruhan tagihan tidak dibayar oleh pengguna listrik. Sebanyak 90 persen penunggak berasal dari kalangan masyarakat umum.

Menurut dia, 2012 merupakan tahun ketiga program GLB digulirkan. Khusus tahun ini, GLB akan dilaksanakan sebanyak empat kali. ’’Animo masyarakat terhadap GLB cukup baik. apalagi, pengaruhnya ternyata cukup signifikan dalam menurunkan tunggakan listrik. Program reward ini merupakan yang pertama di Indonesia dan Lampung lah yang menjadi pencetusnya,’’ tandasnya.

    Periode GLB pertama pada tahun ini telah dilaksanakan Januari–Maret dan para pemenang telah diundi di Cabang Kotabumi, 29 Maret 2012. Untuk periode II (April–Juni) rencananya diundi pada 29 Juni di kantor cabang Metro. Sementara periode III (Juli–September) diundi 28 September di kantor wilayah Lampung, dan periode IV (Oktober–Desember) diundi 28 Desember di kantor cabang Tanjungkarang.

’’Pelanggan tidak perlu khawatir karena setiap pengundian akan disaksikan langsung oleh pihak kepolisian, notaris dan dinas sosial,’’ janjinya.

    Program reward untuk pelanggan ini, menurutnya, akan terus dilanjutkan dengan menyediakan hadiah yang lebih spektakuler. Jika pada tahun lalu, PLN hanya menyediakan satu unit motor Honda Revo untuk hadiah utama dan tiga unit BlackBerry untuk hadiah kedua, pada periode II-2012 ini, PLN menambah hadiah menjadi tiga buah motor, enam buah kulkas, sembilan buah sepeda gunung dan berbagai hadiah hiburan lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan, poin yang didapatkan oleh pelanggan akan terakumulasi di sistem secara online. Lalu poin tersebut akan diundi pada akhir tahun ini. Ketentuan itu berlaku untuk pelanggan pascabayar dan tidak berlaku bagi pegawai PLN. ’’Bagi pelanggan yang ingin mengetahui jumlah poinnya, dapat langsung SMS dengan mengetik POIN (spasi) nomor ID pelanggan dan mengirimkannya ke nomor 0811721123.

Sementara untuk pelanggan prabayar, menurutnya, secara otomatis akan mendapatkan poin setiap bulannya. ’’Setiap melakukan pengisian ulang daya, mereka akan langsung mendapatkan poin,’’ ujarnya.

Ditambahkan, ini merupakan salah satu keunggulan pelanggan listrik prabayar. Masih banyak keunggulan lainnya yang dimiliki oleh produk ini. Pelanggan akan dapat lebih menghemat dalam penggunaan listrik. Apalagi saat ini PLN memiliki listrik pintar yang bermanfaat bagi pelanggan melakukan pengendalian pemakaian secara mandiri.

Untuk pembelian voucher pulsa telah dapat dilakukan di beberapa bank dan loket pembayaran rekening listrik bahkan via internet selama 24 jam. ’’PLN sudah terbuka misalnya dengan sistem pengaduan dan keluhan bisa langsung melapor secara online melalui laman www.pln.co.id guna meminimalisasi pungutan liar yang tidak berkepentingan,’’ tandasnya. (hyt/c3/fik)

Sumber : http://www.radarlampung.co.id/read/metro-bisnis/49201-pln-lampung-gelar-glb-periode-ii